Your Adsense Link 728 X 15

adfly

5 Kebiasaan Muslim yang Baik di Pagi Hari

Posted by Unknown Sunday, February 24, 2013 0 comments
Membangun kebiasaaan-kebiasaan baik tentunya akan berdampak juga bagi kehidupan seorang Muslim. Muslim yang kuat dan sehat tentu lebih dicintai oleh Allah dibandingkan Muslim yang lemah. Pagi merupakan sumber tenaga, kekuatan pertama kali dibangun  oleh setiap kita yang akan melanjutkan berbagai macam aktivitas kehidupan. Untuk mengisi kebiasaan baik, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan; yakni kebiasaan itu dapat memberikan motivasi untuk bekerja dan beribadah kepada Allah SWT. Baik dari sisi ruh maupun jasad kita.

Sebagai Muslim yang baik, kitapun diajarkan untuk mengisi kebiasaan baik dipagi hari sebagai berikut ini:

Pertama, Jangan tunda bangun lebih awal; Dalam Islam pagi digambarkan penuh dengan keberkahan yang diberikan oleh Allah SWt. Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan jiwa dan fisik kita. Bahkan orang yang senantiasa bangun lebih awal daya tahan tubuhnya lebih kuat dan biasaanya memiliki umur lebih panjang dibanding orang-orang yang tidak terbiasa bangun pagi. Bahkan sebuah penelitian mengatakan terlalu banyak tidur dapat menimbulkan berbagai macam penyakit ( sebuah studi yang dilakukan oleh Sleep and Chronobiology Laboratory di Hospital at University of Pennsylvania

“Tidak satu hari pun dari pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Yang lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit’.” (HR Bukhari Muslim)

Kedua, Membiasakan Subuh berjama’ah atau tepat waktu. Rahasia subuh sangat banyak sekali,jika kita mengetahuinya.  Selain mendapatkan doa dari para malaikat Allah. Kita juga akan memperoleh cahaya yang terang benderang di hari kiamat nanti (HR. Abu Daud, At-Tarmizi, Ibnu Majah). Udara subuh adalah udara yang paling baik untuk kesehatan dan pernafasan. Karena udara pagi belum terkontaminasi dengan apapun.  Bagi laki-laki lebih utama untuk sholat subuh berjama’ah di Masjid. Tujuannya adalah untuk memperkuat silaturahmi antar sesama Muslim. Subuh berjama’ah juga memberikan pahala yang lebih banyak dibandingkan sholat sendiri-sendiri. Orang yang senantiasa menjaga sholat Shubuh akan mendapat jaminan , perlindungan, dan penjagaaan dari Allah SWT sepanjang hari (HR. Muslim, At-Tarmidzi, dan Ibu Majah).

Ketiga, Perbanyak zikir dan membaca Al-Qur’an. Zikir adalah ungkapan doa kita kepada Allah.Orang yang senantiasa berzikir dengan memuji Allah akan memperoleh ketenangan hati. Hidupnya akan lapang. Pikirannya akan terbuka. Tidak mudah marah dan selalu bijak dalam menyikapi hidup . Apalagi ditambah dengan kebiasaan membaca Al-qur’an setelah selesai sholat Subuh.  Membaca Al-Qur’an dan memahami kandungan isinya akan mengontrol prilaku-prilaku kita yang kurang baik. Al-Qur’an yang kita baca akan menuntun kita untuk menjalani berbagai pergulatan hidup di dunia. Intinya zikir dan membaca Al-Qur’an sebagai benteng iman seorang Muslim untuk siap tempur dalam menghadapi aktivitas hidupnya sehari-hari.

Keempat, Berolah raga. Jika Ruh telah sehat, fisik juga memerlukan hal yang sama. Olah raga dipagi hari tak perlu lama, cukup menyisakan waktu 5-20 menit akan membantu kebugaran tubuh kita.  Olah raga ringan dapat dilakukan setiap hari, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau, berenang.

Kelima, Sarapan pagi. Sebelum melaksanakan aktivitas sarapan pagi sangat penting untuk membantu daya imun tubuh. Sarapan pagi juga dapat meningkatkan daya ingat. Sarapan pagi tidak perlu makanan yang berat-berat. Dengan cukup mengkonsumsi roti dan susu atau makanan sehat  dan halal tentunnya. Seperti: sereal sudah membantu tubuh untuk bekerja dengan baik sampai siang hari. Orang yang terbiasa sarapan pagi menurut ahli nutrisi Zuckerbrot, R.D., terlindung terhadap penyakit jantung karena asupan serat tinggi yang dikonsumsinya sehari-hari seperti sereal, dan susu. Intinya kita juga harus memperhatikan menu sarapan pagi yang bernutrisi seimbang.

Membangun kebiasaan baik di atas,  dapat membugarkan jiwa, dan juga membugarkan raga, sehingga kita siap dan semangat menghadapi aktivitas rutin kita setiap hari. (Elvira Suryani/Wasathon.com)

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts